Rabu, 12 Desember 2012

Bila Haid Tidak Lancar


Melancarkan Menstruasi – Salah satu problem yang dialami cewek adalah datang bulan terlambat. Menstruasi yang terlambat bisa disebabkan karena sebab-sebab tertentu, seperti faktor fisik dan faktor psikis. Situasi kesehatan tertentu bisa mengakibatkan gangguan pada datang bulan yang tidak normal.

Gejala-gejala seperti migrain, mood swing atau nyeri pada perut bisa timbul ketika akan datang bulan. Gejala-gejala ini disebut Pre Menstrual Syndrome (PMS). Bila rasa nyeri ini masih terasa saat datang masa datang bulan, hal itu disebut dysmenorrhea. Adapun kegagalan datang bulan dalam waktu yang cukup lama disebut dengan amenore.

Menstruasi yang tidak lancar dapat disebabkan karena berbagai hal. Dibawah ini adalah penyebab datang bulan terlambat.

1. Adanya gangguan fungsi hormonal
Fungsi hormonal yang terganggu dapat menyebabkan datang bulan terlambat. Adanya gangguan fungsi hormonal disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan organ-organ penghasil hormon seperti hormon esterogen dan progesteron.

2. Berat badan yang tidak ideal
Mempunyai berat badan yang kurang atau berlebih dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada metabolisme lemak yang bisa mempengaruhi kadar esterogen dalam tubuh.

3. Nutrisi yang tidak seimbang
Makanan yang dikonsumsi setiap hari tetapi tidak memenuhi asupan nutrisi tubuh bisa menyebabkan nutrisi tidak seimbang. Nutrisi yang tidak seimbang bisa memnyebabkan datang bulan terlambat.

4. Menjalani diet yang buruk
Banyak cewek yang melakukan diet karena ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, tidak semua diet adalah baik untuk kesehatan tubuh. Ada diet yang justru malah membahayakan tubuh.

5. Siklus haid dengan jarak waktu yang lumayan lama
Ini seringnya terjadi karena tidak diawali oleh keluarnya sel telur.

6. Menderita penyakit kista
Biasanya penderita kista akan mengalami datang bulan dengan siklus yang tidak menentu. Berbeda dengan orang yang datang bulan normal, caian darah yang dikeluarkan sedikit pada penderita kista.

7. Menderita diabetes
Penyakit diabetes juga merupakan penyebab datang bulan terlambat. Hal ini karena kadar gula darah yang berlebihan bisa menyebabkan datang bulan terlambat. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan darah keluar secara berlebih selama datang bulan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada tips-tips mudah yang bisa diperbuat untuk membantu melancarkan datang bulan. Berikut ini adalah cara melancarkan datang bulan.

- Memperbanyak minum air putih.
- Mengonsumsi jamu, ramuan atau obat yang bisa bermanfaat untuk membantu melancarkan datang bulan.
- Kurangi kegiatan yang melelahkan.
- Penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
- Jangan mengangkat beban yang berat.
- Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak
- Melakukan aktivitas olahraga ringan, misalnya joging.
- Bagi yang menderita kista, lebih baik tidak mengkonsumsi makanan yang asam dan pedas serta makanan cepat saji.

Itulah cara melancarkan datang bulan.

Untuk mengatasi keputihan gunakan crystal x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar